welcome to my blog agushafidz.blogspot.com

Jumat, 27 Januari 2012

Membuat Toko Online Dengan Blog Gratisan

Membuat Toko Online Dengan Blog Gratisan – Pada tutorial kali ini blog werutech akan berbagi info bagaimana cara membuat toko online dengan blog gratisan seperti blogspot dan wordpress. Toko online yang akan dibahas kali ini merupkan toko online sederhana, tanpa harus menggunakan script html untuk membuat kolom, Anda bisa memanfaatkan template yang ada atau download template dari website penyedia template untuk online shop.
Untuk membuat toko online atau online shop dengan blogspot, tentunya Anda harus memiliki akun dulu, jika belum punya silahkan daftar dulu disini.

Pada toko online selalu tersedia :
  • Keranjang Belanja
  • Product
  • Cara Pembayaran dan Cara Pengiriman
  • Form Pembelian
Persiapan sebelum membuat toko online
  1. Patikan Anda juga sudah mempersiapkan produk yang akan Anda jual kepada konsumen.
  2. Buat terlebih dahulu tombol icon pada photoshop, misalnya tombol “BELI”,
  3. Siapkan form pembelian, karena ini adalah toko online yang menggunakan domain gratis, jadi Anda bisa membuat form pembelian dengan menggunakan Google Document atau Google Doc. Jika Anda belum tahu mempuat form menggunakan Google document bisa dilihat disini

Membuat Toko Online Dengan Blog Gratisan

Langkah -langkah membuat toko online dengan blog gratisan :
  1. Login ke akun blog Anda
  2. Upload semua kategori product Anda, untuk memberikan diskripsi pada product Anda (caption), klik pada icon gambar lalu klik Caption. Tulis diskripsi singkat tentang product tersebut.
  3. Agar konsumen bisa membeli product Anda, upload tombol yang sudah Anda buat sebelumnya pada blog. Atur posisi tombol sesuai dengan product.
  4. Pada tombol beli masukan link form pembelian, sehingga pada waktu tombol itu di klik akan langsung menuju form pembelian.
Membuat Toko Online Dengan Blog Gratisan
Contoh Toko Online Dengan Blogspot

Catatan :
Toko online sederhana ini yang memanfaatkan Google Document untuk form pembelian tidak bisa melalukan multiple order atau pembelian ganda. Maksutnya tidak bisa melakukan pembelian dengan 2 brand yang berbeda secara bersama-sama. Jika ingin melakukan order untuk beberapa kategori harus dilakukan satu persatu.
Anda bisa melihat siapa yang membeli product Anda dengan login ke Google document. Konfirmasi pembelian juga tidak bisa di terima secara otomatis oleh konsumen, Anda harus melakukannya secara manual. Contoh form pembelian menggunakan google doc seperti dibawah ini, atau Anda bisa lihat disini
form pembelian toko online
Contoh form pembelian toko online menggunakan Google Docs

Data pembeli akan terlihat seperti ini di spreadsheet Google Docs
Membuat Toko Online Dengan Blog Gratisan
Data pembeli yang tersimpan di file Google Document

Untuk melihat hasil membuat toko online dengan blog gratisan dengan metode ini, Anda bisa kunjungi balenagi.blogspot.com
Bila Anda ingin membuat toko online dengan wordpress, langkah-langkah yang dilakukan secara garis besar hampir sama dengan yang saya jelaskan diatas.

SELAMAT MENCOBA

0 komentar:

Posting Komentar