welcome to my blog agushafidz.blogspot.com

Jumat, 27 Januari 2012

Mengontrol Penggunaan Facebook

Siapa yang tidak mengenal Facebook (FB), kebanyakan orang Indonesia sudah memiliki facebook. Untuk mengakses facebook juga bervariasi ada yang menggunakan koneksi internet di rumah, di warnet atau tempat sewa internet lainnya, ada juga menggunakan koneksi internet melalui telepon pintar (Smart Phone).
Sekian banyak pengguna FB membuat peluang untuk berbisnis di internet melalui facebook pun semakin digencarkan oleh orang-orang yg kesehariannya menjalankan bisnis online dengan memanfaatkan jumlah pengguna FB yang begitu besar dan semakin hari terus meningkat. Semakin besar jumlah pemakai sebuah aplikasi seperti Facebook maka semakin besar pula peluang untuk meraup keuntungan.
Dengan melihat begitu besarnya peluang bisnis online di internet khususnya akun facebook, maka segala cara pun ditempuh termasuk dengan memanfaatkan kelemahan orang lain, yaitu dengan masuk ke akun FB orang lain tanpa sepengetahuan si pemilik akun FB tersebut.
Oleh karena tindakan seperti itu sudah sering terjadi maka ada baiknya baca artikel Mengontrol Penggunaan Facebook ini supaya bisa menekan tindakan kecurangan seperti itu. Namun perlu diingat bahwa untuk keamanan di internet tidak akan pernah 100% aman termasuk mengamankan Facebook dari tangan-tangan jahil.

Untuk Mengontrol Penggunaan Facebook ikuti cara berikut
Login ke akun Facebook anda dengan akun anda seperti biasa anda menggunakannya untuk menulis sesuatu di wall atau sekedar menyapa teman-teman FB yg sedang online.
Setelah login ke FB anda, langkah berikutnya adalah klik Account Setting kemudian klik Security, selanjutnya klik Edit pada tulisan Login Notification are Disable, setelah itu akan muncul permintaan untuk memilih mode kontrol baik melalui email maupun Text Message (SMS). Anda boleh memilih keduanya dengan memberikan tanda centang pada tulisan Email maupun Text Message atau anda bisa memilih salah satu dari kedua pilihan tersebut kemudian pilih Save Shanges dan tunggu hingga proses penyimpanan selesai.
Sekarang coba anda keluar (Logout) dari FB kemudian login kembali dengan akun anda tadi, maka FB akan meminta kita mengetik sebuah nama perangkat seperti pada gambar berikut :
Mengontrol Penggunaan Facebook
FB Control Login
Masukan sebuah nama pada Device Name misalnya “Komputer” tanpa tanda petik ya, kemudian klik Save Device. Nama perangkat yang kita ketik tadi (Komputer) akan di kirim melalui email sebagai konfirmasi bahwa ada sesorang telah masuk ke FB anda dengan menggunakan perangkat “Komputer”. Isi email yang masuk ke inbox dari FB seperti berikut :
Facebook Login from “Komputer”
A new device named “Komputer” logged into your Facebook account (Friday, October 28, 2011 at 8:14am) from Jakarta, JK, ID (IP=222.255.255.225). (Note: This location is based on information from your ISP or wireless provider.)
This device has been added to your account.
Was this you? If so, you can disregard the rest of this email.
If this wasn’t you, please follow the link below to protect your Facebook account information:
https://www.facebook.com/checkpoint/checkpointme?u=123456977786886&n=iQx2PKmb
To learn how login notifications like this one can help you to protect your account information, visit the Help Center: http://www.facebook.com/help/?topic=loginnotifications.
Please note: Facebook will never request your login information through email.
Thanks,
The Facebook Team
Inti dari pesan di atas adalah jika seseorang yang masuk ke FB itu seandainya bukan Anda sebagai pemilik Facebook maka pihak FB sudah menyediakan sebuah Link kepada kita untuk melakukan proteksi Facebook kita sendiri. Jadi dengan mengontrol penggunaan facebook dengan mengenal nama perangkat yang kita ketikan saat login cukup memberikan solusi untuk mengamankan akun FB milik kita.
Bagimana menurut anda artikel ini apakah bermanfaat untuk melindungi akun Facebook agar tidak mudah dibobol orang lain yang tidak berkepentingan ? Pendapat anda sangat bermanfaat untuk para pengguna FB di Indonesia, silahkan lengkapi lagi cara melindungi akun FB di kolom komentar.

0 komentar:

Posting Komentar