welcome to my blog agushafidz.blogspot.com

Jumat, 27 Januari 2012

4 Penyebab Komputer Restart Sendiri

        Ada beberapa penyebab komputer restart sendiri secara tiba-tiba pada saat sedang asyik mengetik sesuatu di komputer, namun ada 4 penyebab pokok komputer sering restart sendiri. Kejadian komputer restart ini sangat-sangat menjengkelkan apalagi karena komputer sering restart sehingga menyebabkan pekerjaan yang sudah lelah diketik hilang seketika tanpa bekas. Hal semacam ini harus dideteksi sedini mungkin penyebab komputer restart sendiri agar tidak terlalu sering kita mengalami masalah yang sama secara terus menerus.

Penyebab Komputer Restart Sendiri
  1. Kestabilan listrik, listrik adalah penyedia daya atau tenaga untuk menjalankan komputer, apabila tidak ada listrik tentu komputer adalah sebuah benda mati yang tidak berarti apa-apa, namun apabila kestabilan listrik tidak baik (tidak stabil) maka dapat menyebabkan komputer restart dengan sendirinya. Apabila kejadian komputer restart disebabkan oleh listrik maka jalan keluarnya adalah gunakan stavolt sebagai pencegah atau pengatur voltase listrik. Ada 2 tipe stavolt yaitu stavolt motor dan stavolt elektrik. Harus menggunakan stavolt motor control sebagai pelindung peralatan komputer. Perlu diingat bahwa listrik memang sangat sensitif sehingga apabila komputer anda sering restart sendiri sebaiknya cek semua kabel yang terhubung ke stop kontak dan juga ke CPU apakah sudah terpasang dengan kuat, karena apabila terpasang tetapi longgar baik di stop kontak maupun di power supply CPU maka hal ini dapat menyebabkan komputer sering restar sendiri. Solusinya kencangkan kabel-kabel yang terhubung antara stop kontak dan CPU.
  2. Virus Komputer penyebab komputer restart sendiri. Selain listrik ada juga virus yang sengaja melakukan restart komputer secara berkala berdasarkan waktu tertentu. Oleh karena itu setiap komputer sebaiknya dilengkapi dengan software atau program antivirus yang dipercaya bisa menghilangkan virus maupun antivirus bertindak sebagai pelindung komputer. Apabila komputer terserang virus maka langka terbaik adalah bersihkan virus pada komputer dengan software antivirus yang sudah diupdate. Apabila tidak bisa juga dibersihkan maka sebaiknya lakukan format dan installasi ulang sistem operasi serta aplikasi di dalammnya. Ingat!! tidak ada antivirus yang mampu membersihkan semuah virus, sama halnya dengan dokter dan penyakit. Penyakit itu ada terlebih dahulu barulah kemudian dicarikan obat untuk penyembuhannya.
  3. Salah satu penyebab komputer restart sendiri adalah kotornya komponen yang terpadang pada slot-slot yang ada di mainboard/motherboard. Komponen-komponen kotor yang menyababkan komputer restart adalah Memori, VGA Card, Modem, TV Tunner Card, USB Card dan lain-lain. Apabila solusi nomor 1 dan nomor 2 juga tidak membuat komputer berhenti restart maka coba langkah ketiga ini yaitu membersihkan setiap lempeng kuningan yang berada di setiap kartu (card) dengan penggosok pensil (penghapus pensil). Caranya, matikan komputer terlebih dahulu kemudian lepas memori dan semua komponen yang terpasang ke motherboard. Selanjutnya bersihkan bagian kuningan dengan penghapus pensil sehingga debu-debu yang melekat pada kuningan tersebut bersih. Pasang kembali semua komponen yang sudah dibersihkan dan coba hidupkan kembali komputer anda.
  4. Kerja prosesor yang terbilang cukup tinggi menyebabkan prosesor cepat panas. Pasanya prosesor ini bisanya dilindungi oleh sebuah kipas (fan) yang selalu hidup sejak komputer pertama kali dinyalakan. Kipas ini berfungsi untuk mengeluarkan panas yang dihasilkan prosesor melalui kisi-kisi pelat pendingin. Oleh karena itu ruang atau kisi-kisi pelat pendingin tersebut harus dalam keadaan bersih agar setiap hembusan udara dari kipas dapat bekerja sempurna untuk mengeluarkan suhu panas tersebut. Apabila ruang diantara pelat pendingin tersebut ditutupi debu maka dapat dipastikan prossor akan cepat panas sehingga membuat komputer restart sendiri. Solusinya adalah selalu lakukan pembersihan pada pelat pendingin secara berkala agar kebersihan pelat pendingin tetap terjaga dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar