welcome to my blog agushafidz.blogspot.com

Jumat, 27 Januari 2012

Cara Sharing Internet Windows 7

Internet kini sudah ramai digunakan di rumah-rumah, mungkin karena manfaat internet begitu besar sehingga setiap orang berlomba-lomba memasang jaringan internet di rumahnya. Koneksi internet di rumah-rumah pun berbagai maca ada yang menggunakan modem CDMA, modem GSM maupun koneksi DSL (Digital Subscriber Line) atau yang dikenal dengan koneksi internet menggunakan line telpon. Koneksi line telpon ini di tawarkan telkom Indonesia dengan biaya berfariasi tergantung kapasitas data yang dibutuhkan.
Oleh karena kebutuhan internet tidak terbatas pada orang tertentu saja atau pada umur tertentu saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan orang tua, ingin menggunakan internet, oleh karena itu apabila anda memiliki satu koneksi internet di rumah, anda bisa menggunakan cara sharing internet windows 7 ini untuk berbagi sumber daya internet untuk semua anggota keluarga anda. Maksudnya adalah apabila koneksi internet di gunakan pada satu komputer tentu harus menunggu giliran untuk menggunakan internet, oleh karenanya di sini saya membagi pengalaman cara melakukan sharing internet (membagi internet) untuk dipakai bersama secara bersama-sama tanpa saling mengganggu satu sama lain. Anda sebagai orang awam didunia komputerpun anda bisa melakukan membagi (share) internet ini, asalkan baca dengan teliti setiap uraian berikut ini.


Perangkat Tambahan Sharing Internet

Perangkat atau alat tambahan yang dibutuhkan untuk sharing internet di Windows 7 adalah sebuah Network Card atau LAN (Local Area Network) Card dan sebuah Access Point + Router serta kabel jaringan + konektor.
Network Card di pasang pada slot PCI komputer yang berfungsi sebagai penerima akses internet pertama (kita sebut sebagai komputer SERVER), sehingga pada komputer “server” ini terdapat 2 buah Network Card, yang satu sudah terdapat di motherboard/mainboard (on board) dan yang satu lagi yang barusan dibeli.
Selain network card ada juga access point + router, saya memilih access point sekaligus berfungsi sebagai router agar tidak membeli alat tambahan lagi kalau di rumah anda ada yang menggunakan laptop, hp dan ada yang menggunakan PC Desktop. Jadi alat access point + router ini sudah mampu mengatasi kebutuhan semua anggota keluarga anda baik menggunakan PC Desktop, laptop, tablet, blackberry maupun koneksi hp yang memiliki fasilitas koneksi WiFi, bisa menggunakan sumber daya internet secara bersama.


Cara Memasang LAN Card dan Access Point + Router.

Seperti sudah saya jelaskan di atas yaitu LAN Card di pasang di dalam CPU yang bertindak sebagai server atau pusat akses internet, yaitu dengan cara, buka kap penutup casing CPU dan pasang LAN Card pada slot PCI (clot berwarna putih), tentunya matikan terlebih dahulu CPU ya, jangan CPU sedang hidup langsung dipasang…berbahaya bisa keluar asap lho hehehe. Ada 2 LAN Card di CPU dimaksud agar satu LAN Card terhubung dengan koneksi internet dan satu lagi untuk koneksi dengan access point + router.
Setelah terpasang dengan baik, barulah sekarang saatnya membuktikan apakah hasil pekerjaan memasang LAN card berhasil atau tidak, apabila berhasil maka windows 7 akan melakukan installasi software driver untuk perangkat tersebut saat komputer dihidupkan.


Cara Sharing Internet Windows 7

Yakin posisi LAN Card sudah terpasang dengan benar ? kalau sudah, Silahkan hidupkan komputer anda setelah itu klik Start – Control Panel. Klik pada kelompok menu Network and Internet bagian View Network Status and Task. Klik lagi pada Change Adapter Settings sehingga terlihat seperti gambar berikut.

cara sharing internet windows 7

Dari situ klik kanan pada Icon untuk LAN Card yang terhubung ke Internet, kemudian pilih Rename untuk mengubah nama LAN Card tadi menjadi Internet, hal ini dilakukan untuk kemudahan mengidentifikasi LAN Card saja (tidak menggantipun tidak masalah). Kemudian lakukan langkah yang sama untuk mengganti namanya menjadi Lokal atau Access Point atau Router (lan card yang terhubung ke access point + router).
Langkah berikutnya adalah Double Click pada koneksi Internet, dan selanjutnya click pada tab Properties. Berikutnya klik pada Sharing kemudian berikan tanda centang pada tulisan Allow other network users to connect through this computer’s internet connection dan terakhir klik OK, klik Close.
Setelah melakukan langkah sharing internet di atas, maka windows 7 mengubah ip address untuk lan card untuk AP (access point) menjadi 192.168.137.1 serta subnet mask menjadi 255.255.255.0. IP yang telah di buat oleh os windows 7 ini jangan diganti, biarkan saja begitu dan sekarang silahkan menggunakan internet bersama-sama teman atau keluarga anda.

0 komentar:

Posting Komentar